Kementerian
Perhubungan Republik Indonesia (disingkat
Kemenhub RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi
urusan transportasi. Kemenhub dipimpin oleh seorang Menteri Perhubungan
(Menhub) yang sejak tanggal 27 Juli 2016 dijabat oleh Budi Karya
Sumadi. Kementerian Perhubungan yang mempunyai tugas pokok
menyelenggarakan pelayanan umum di bidang transportasi mempunyai peran
strategis dalam rangka pemerataan pembangunan antar wilayah dengan
menitikberatkan pada wilayah timur, daerah tertinggal, kawasan perbatasan,
pulau-pulau kecil dan daerah terpencil sehingga mampu memacu pertumbuhan
ekonomi, menambah peluang kerja serta mengurangi kemiskinan dan kesenjangan
antar wilayah.
Kementerian Perhubungan pada Rencana Kerja dan
Anggaran (RKA) Tahun 2017, Kementerian Perhubungan menetapkan kebijakan
pembangunan sektor perhubungan yaitu pertama, melanjutkan pemberian jaminan
serta peningkatan keselamatan dan keamanan transportasi sesuai dengan amanah UU
No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, UU No. 17 Tahun 2008 Tentang
Pelayaran, UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan UU No. 22 Tahun 2009
tentang Lalu-Lintas Angkutan Jalan serta melanjutkan peningkatan kapasitas
layanan transportasi umum dan kedua, meningkatkan konektivitas transportasi
darat, laut, udara dan perkeretaapian serta pengembangan transportasi antarmoda
dengan tetap berpegang pada amanah UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
dan UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.
Menhub Budi juga menyoroti rencana peningkatan
kualitas personil di bidang transportasi baik di pusat, daerah maupun operator
melalui pendidikan singkat dan pendidikan berstrata di sekolah-sekolah yang ada
di Kementerian Perhubungan, yaitu STTD, STIP, STPI dan lainnya. Terkait rencana
pengambilalihan terminal tipe A dan jembatan timbang, Menhub Budi menyampaikan
bahwa hal ini akan dilakukan secara bertahap.
Kementerian Perhubungan melalui program
rekrutmennya saat ini membuka lowongan CPNS terbaru pada bulan September tahun
2017 untuk mencari calon – calon tenaga kerja yang siap diterjunkan ke setiap
lini atau divisi kerja dalam instansi yang sedang membutuhkannya saat ini.
Dengan diadakannya rekrutmen atau lowongan CPNS ini instansi berusaha mencari
individu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tentunya sesuai juga
dengan minat dan harapan dari para pencari kerja karena dengan adanya hubungan
yang baik antara tenaga kerja dan instansi akan tercipta suasana kondusif di
lingkungan instansi. Adapun dibawah ini adalah jabatan yang tersedia pada
peluang kerja kali ini yang dibuka oleh pihak instansi dengan kualifikasi
sebagai berikut.
Lowongan
CPNS Kementerian Perhubungan Posisi :
CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
Kriteria Pencari Kerja :
Kriteria Pencari Kerja :
1.
Kebutuhan dari masing-masing jabatan di peruntukan bagi pelamar dengan
kriteria :
a. Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (cumlaude / dengan pujian) dari
Perguruan Tinggi terakreditasi A / Unggul dan Program Studi terakreditasi A /
Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude / pujian
pada ijazah atau transkip nilai;
b. Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas / berkebutuhan
khusus / memiliki keterbatasan fisik dengan krriteria :
§
mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik
§
mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran
dan berdiskusi
§
mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda
c.
Putra / Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria
menamatkan pendidikan SD, SMP / SLTP, dan SMU / SLTA di wilayah Papua dan Papua
Barat yang dibuktikan dengan fotocopy Ijazah yang dilegalisir atau berdasarkan
garis keturunan orang tua (bapak kandung) asli Papua yang dibuktikan dengan
Surat Akta Kelahiran pelamar, fotocopy KTP bapak kandung dan surat keterangan
hubungan keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa
d. Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b dan
c diatas
2.
Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran
sebagaimana dalam pengumuman ini
Persyaratan Pencari
Kerja :
1.
Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan
tact kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.
Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan
yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap
3.
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau
tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, Anggota TNI / POLRI, Pegawai
BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta
4.
Tidak berkedudukan sebagai Caton / Pegawai Negeri Sipil / TNI / POLRI dan
siswa ikatan dinas Pemerintah
5.
Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik
praktis
6.
Sehat Jasmani dan Rohani serta tidak buta warna
7.
Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang
atau sejenisnya yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA
dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi
setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir
8.
Tinggi Badan untuk wanita minimum 155 cm dan untuk laki-laki minimum 160 cm
9.
Berat Badan Ideal mengacu pada BMI (Body Mass Index)
10. Tidak bertato / bekas
tato / dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya (selain di telinga bagi
Wanita) kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat
11. Bersedia ditempatkan
di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
12. Untuk formasi selain
Cumlaude,pelamar merupakan lulusan :
a.
Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B dan akreditasi Program Studi
minimal B serta sesuai dengan kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan formasi
jabatan;
b.
S2, S I, DIV, D-III, D-IIdengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
sekurang-kurangnya 2,75 (dua koma tujuh lima) dan khusus untuk pelamar dengan
kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat dari Perguruan Tinggi yang
Terakreditasi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,50
(dua koma lima nol).
13. Untuk Pelamar lulusan
SLTA sederajat dengan nilai minimal pada Ijazah rata-rata 7,0 (tujuh koma nol)
atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B dan khusus untuk pelamar dengan kategori
Putra/Putri Papua dan Papua Barat dengan nilai minimal pada Ijazah rata-rata
6,0 (enam koma nol) atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C
14. Berusia minimal 18
(delapan betas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1
September 2017
15. Apabila Persyaratan
Lamaran yang diterima oleh panitia tidak lengkap dan tidak sesuai ketentuan
yang ditetapkan dengan demikian dinyatakan tidak lulus seleksi oleh panitia
16. Tahapan Seleksi dengan
menggunakan sistem gugur
17. Khusus untuk formasi
jabatan Penjaga Mercusuar dan Petugas Aviation Security (AVSEC) dikhususkan
bagi pelamar berjenis kelamin laki-laki dengan Tinggi Badan minimum 165 cm
Tata Cara Pendaftaran :
1.
Registrasi dilakukan secara online melalui laman : https://sscn.bkn.go.id
dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk
(KTP) / NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga mulai
tanggal 11
September 2017 sampai dengan tanggal 25 September pukul 23.59 WIB
2. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilaksanakan secara online
melalui laman Kementerian Perhubungan di https://cpns.dephub.go.id/ segera
setelah pelamar memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email
dari portal nasional, mulai tanggal 11 September 2017 sampai dengan tanggal 25
September pukul 23.59 WIB
3. Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat
petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) berkas dengan ukuran
masing-masing berkas maksimal 300 KB (kilobyte) dengan berjenis PDF File:
a.
Scan Asli Ijazah
b.
Scan Asli Transkrip Nilai
c.
Scan Asli Sertifikat Pendukung sesuai dengan kebutuhan yang dipersyaratkan
formasi
d.
Scan Asli Kartu Tanda Penduduk
e.
Scan Asli Kartu Keluarga
f. Scan Asli Surat Akta Kelahiran, KTP Bapak Kandung dan Surat Keterangan
Hubungan Keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa (untuk formasi jabatan khusus
Putra / Putri Papua dan Papua Barat)
g. Scan Asli Surat Lamaran dan Surat Pernyataan yang di tandatangani di atas
materai sesuai format dalam lampiran pengumuman ini
h.
Pas photo ukuran 3 x 4 berjenis JPEG File
4.
Surat Keterangan Tanda Lulus Sementara tidak berlaku
5. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh
(download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran
6. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu
peserta ujian secara online melalui laman : https://cpns.dephub.go.id dimulai
pada tanggal 2
Oktober 2017 s.d. 6 Oktober 2017
Tahapan Seleksi :
Seleksi dengan sistem
gugur yang meliputi :
1.
Seleksi Administrasi
2.
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) dengan
bobot 40%
3.
Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60%, yang terdiri dari :
a.
Tes Fisik / Kesamaptaan dengan bobot 20% yang terdiri dari :
1.
Lari
a.
Putra : Lari dalam waktu 15 menit
b.
Putri : Lari dalam waktu 10 menit
2.
Tes Push Up dalam waktu 2 menit
3.
Tes Sit Up
a.
Putra dalam waktu 3 menit
b.
Putri dalam waktu 2 menit
b.
Tes Kesehatan dengan bobot 80% yang terdiri dari :
1.
Tinggi Badan dengan bobot 25%
2.
Tes Mata dengan bobot 25%
3.
Tes Paru-paru dengan bobot 25%
4.
Tes Jantung dengan bobot 25%
Sistem Kelulusan :
1.
Kelulusan seleksi administrasi :
a.
Kelulusan seleksi administrasi didasarkan pada hasil verifikasi dokumen
yang telah diunggah sesuai dengan persyaratan pendaftaran;
b. Hasil kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan oleh panitia pada laman
https://cpns.dephub.go.id/
c. Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib
mencetak kartu peserta ujian dari laman https://cpns.dephub.go.id/
2.
Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing
grade yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi
3. Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi
Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali
alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan
4.
Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi
Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Info Lain – Lain :
1.
Informasi lowongan Penerimaan Seleksi Pengadaan Pegawai Negari Sipil di
mulai tanggal 5
September 2017 sampai dengan tanggal 19 September 2017
2.
Tempat Pelaksanaan tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi
Kompetensi Bidang (SKB) :
o
Kantor Pusat BKN Jakarta
o
Kantor Regional I BKN Yogyakarta
o
Kantor Regional II BKN Surabaya
o
Kantor Regional III BKN Bandung
o
Kantor Regional IV BKN Makassar
o
Kantor Regional VI BKN Medan
o
Kantor Regional VII BKN Palembang
o
Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin
o
Kantor Regional IX BKN Jayapura
o
Kantor Regional X BKN Denpasar
o
Kantor Regional XI BKN Manado
o
Kantor Regional XII BKN Pekanbaru
o
Kantor Regional XIII BKN Aceh
3.
Dikarenakan alasan tertentu dalam tahapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi
Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Panitia Seleksi dapat
menetapkan pemindahan Lokasi Seleksi yang sesuai
4.
Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan
seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, dengan
demikian dinyatakan gugur
5.
Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian
mengundurkan diri/digugurkan, dengan demikian Panitia dapat menggantikan dengan
peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkan hasil keputusan
rapat
6.
Dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo)
yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan
keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain
7.
Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah
adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang
tidak sesuai / tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang
bersangkutan
8.
Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya
9.
Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat
10. Informasi lebih lanjut
dapat dilihat di https://cpns.dephub.go.id
11. Pelayanan dan
penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Perhubungan
Tahun Anggaran 2017 dapat mengubungi Call Center yang dapat dihubungi:
o
Laman https://cpns.dephub.go.id
o
Telephone (021) 3811308 (ext 1152) pada hari Senin s.d. Jumat pukul 08.30
s.d. 16.00 WIB
o
Surat elektronik (email) : cpns@dephub.go.id
o
Facebook di alamat https://facebook.com/cpns.dephub
Tata Cara Pendaftaran :
Dengan mengetahui
kriteria dan kebutuhan rekrutmen yang telah dijelaskan diatas dengan demikian
para pencari kerja yang merasa memenuhi persyaratan meliputi pendidikan, umur,
dll dan memang merasa berminat dengan lowongan CPNS terbaru Kementerian
Perhubungan pada bulan September 2017 diatas, hendaknya secepatnya untuk
melengkapi dan menyusun berkas lamaran kerja seperti surat lamaran kerja, CV
atau daftar riwayat hidup, FC ijazah dan transkrip dan pelengkap lainnya
seperti yang telah dijelaskan diatas guna mendaftar dan mengikuti seleksi masuk
penerimaan pegawai baru di instansi yang dimaksud, sebelum itu silakan
cek PENGUMUMAN,
RINCIAN FORMASI DAN JADWAL PELAKSANAAN melalui link di bawah ini :
Pendaftaran paling lambat pada : Selasa, 25 September 2018
No comments:
Post a Comment